KBC Blogger Bertuah Logo Blogger Indonesia

Cara Menjaga Hubungan Silaturrahmi


Seorang ilmuwan pada zaman dulu Aristoteles mengatakan bahwa manusia adlah ZOON POLITICON. Bahwa manusia adalah makhluk social yang membutuhkan orng lain utk berinteraksi dan berkomunikasi dlm hidup dan kehidupan ini. Setiap orang pst butuh org lain, contoh : kita butuh jengkol tapi kita ndk bisa manjat pohonnya, maka kita akan minta bantuan orang lain untuk mengambilkanya. Nah, begitu besar rasa ketergantungan kita terhadap orang lain.

Namun dalam pergaulan kita tersebut, tentu pernah kita salah kata dan salah perbuatan sehingga tanpa sadar ataupun kita sengaja telah menyakiti dan menyinggung perasaan orang lain. Bahkan bisa saja hal itu menimbulkan dendam jika kita tak bisa mengendalikan diri kita. Hal ini tentu merusak terhadap hubungan silaturrahmi kita dengan orang tersebut. Oleh karena itu IMAM AL-GHAZALI pernah berpesan bahwa ada 2 cara menjaga hubungan silaturrahmi itu :

LUPAKANLAH

1. Lupakanlah kebaikan-kebaikan kita kepada orang lain
2. Lupakanlah kesalahan-kesalahan orang lain kepada kita

INGATLAH

1. Ingatlah kebaikan-kebaikan orang lain kepada kita
2. Ingatlah kesalahan-kesalahan kita kepada orang lain

Semoga kita bisa menerapkan pesan yang disampaikan imam al-ghazali tersebut, sehingga kita bisa menjaga hubungan silaturrahmi kita dengan baik. Amin..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kunjungan

Rating for adieth12.blogspot.com
Recommended Post Slide Out For Blogger