Cerita Rakyat Melayu Riau, YONG DOLAH 1

Ilustrasi Yong Dolah
Dalam kehidupan tradisi masyarakat Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, nama Yong Dolah termasuk salah satu nama yang cukup dikenal. Lelaki yang termasuk pintar bertutur itu memang telah tiada. Akan tetapi, namanya selalu disebut karena kepintarannya memainkan logika sewaktu bertutur. Sepintas, komunikasi-komunikasi lisan Yong Dolah baik yang langsung diucapkannya maupun yang dituturkan kembali oleh orang-orang tertentu terkesan banyak tidak benar. Namun demikian, apabila komunikasi itu disimak dengan seksama dari berbagai sudut pandang, betapa orang tua itu memiliki visi yang memang ada dalam dunia empirik ini. Sukar memperoleh seseorang yang dapat membuat pendengarnya, baik langsung maupun tidak langsung terpingkal-pingkal mendengar isi tuturan yang mempunyai logika yang pantas diperhitungkan dan akhirnya mengakui juga kebenaran akal yang termuat di dalam tuturan itu. Berikut beberapa cerita Yong Dolah.

Cerita 1
Pergilah Yong ke rumah orang kenduri. Bukan main banyak lauk-pauk di situ. Ada gulai ayam, ada pula gulai nangka. Bukan main sedap nampaknya gulai nangka itu, kena pula dengan cara masaknya. Yong pun makanlah. Yong hembat gulai ayam.

Siapa tahu maknanya ???
hehehehehehehe


Cerita 2
Waktu itu Yong bertolak dari Singapura hendak balek ke Bengkalis. Di tengah laut kapal Yong dibantai ribut. Sampai terlepas stering yang Yong pegang. Kapal Yong karam tetapi Yong tak gamam. Yong berjalan di dasar laut menuju Bengkalis. Tengah berjalan, Yong berjumpa mata kail yang berumpan pumpun. Rasa-rasanya Yong kenal. Yong cium. Ini pastilah kail adik Yong. Kalau begitu pasti di sini kawasan laut Bengkalis. Yong pun keluar dari dalam air. Rupanya memang betul laut Bengkalis ; pas di ujung tanjung.
Siapa tahu maknanya ???
hehehehehehehe


cerita 3
Adalah pokok nio. Tingginya bukan main, lebih 25 meter. Tak ada yang berani manjat. Datang Yong, Yong panjat. Sampai ke puncak, Yong lah payah hendak turun. Yong ingat, Yong ada tangga di belakang rumah. Yong ambil tangga ; Yong pasang. Yong pun turunlah
Siapa tahu maknanya ???
hehehehehehehe


Cerita 4
Pergilah Yong memancing. Sekali dimakan ikan, Yong sampai tercampak ke air. Yong ditarik ikan ke dalam air sampai terselit kepala Yong dicelah-celah batu. Yong meronta-ronta, tidak dapat lepas. Yong ingat, Yong ada linggis di rumah. Yong balek mengambil linggis. Yong tuil batu dengan linggis ; lepas.

Siapa tahu maknanya ???
hehehehehehehe


Cerita 5
Waktu itu Yong lagi bujang-bujang tanggung. Yong ikut orang main bola. Puas Yong berebut bola, tak dapat-dapat ; asyik dikilik-kilik lawan. Bukan main sakit hati Yong. Yong meradang. Yong tangkap bola; Yong tendang ke atas. Yong pun balek makan. Sekali Yong sampai lagi, barulah bola turun. Yong tangkap.

Siapa tahu maknanya ???
heheheheehehe

Setelah membaca cerita Yong Dolah tersebut tentu akan timbul kebingungan. Apa sebenarnya yang ingin disampaikan Yong Dolah, karena membaca kemustahilan dalam cerita tersebut.







Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kunjungan

Recommended Post Slide Out For Blogger